Kegiatan Ekstrakurikuler

Gugus Depan 01.20-01.23 Kota Pekalongan, rutin melakukan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Kegiatan ini dimulai pukul 14.00 dan berakhir pukul 16.00 WIB. Seperti umumnya, kegiatan diawali dengan Apel dan menyanyikan Hymne Pramuka di tengah lapangan. Kemudian penyampaian materi dan Penerapannya di lapangan. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Ambalan kelas X SMA N 1 Pekalongan. Total keseluruhan anggota Ambalan adalah 174 Orang. Namun biasanya hanya 50% dari jumlah yang mengikuti kegiatan. Dikarenakan sibuknya aktivitas di SMA N 1Pekalongan.

Kegiatan ini dipegang dan diatur oleh Kakak-kakak dari Ambalan Gajah Mada dan Raden Ajeng Kartini. Kakak kakak ini telah mencapai tingkat Laksana dan Bantara, sehingga kualitasnya cukup mumpuni dan bisa diandalkan dalam membimbing kegiatan. Tujuan dari adanya kegiatan ekstrakurikuler ini adalah mengisi kekosongan waktu para siswa dengan kegiatan-kegiatan lebih mendidik dan tentu saja menyenangkan. Selain itu, tujuan lainnya adalah membangun karakter bangsa yang maju dan dominan dengan kegiatan-kegiatan Pramuka dan untuk mencari bakat-bakat dan potensi diri dari para anggota Pramuka untuk selanjutnya dikembangkan.

Games Kepemimpinan Games Kepemimpinan

Kegiatan ini biasa dilaksanakan di kompleks SMA N 1 Pekalongan. Terkadang, sering mengadakan kegiatan ekstra keluar, namun hanya disekitar lingkungan sekolah. Seperti Scout Adventure ke Kel. Sapuro dan sekitarnya. Materi yang disampaikan merupakan materi tingkat Penegak dan mengacu pada kurikulum yang sudah disetujui oleh Ka.Mabigus SMA N 1 Pekalongan.

Mungkin cukup sampai ini aja, jika kakak-kakak ingin melihat kegiatan kami bisa lansgung mengunjungi sanggar kami. Insya Allah kami selalu ada di sanggar. Arigatou Gozaimasu…

Leave a comment